Rahasia Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Mudah
Lovebird Bertelur

Rahasia Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Mudah

By On Jumat, Januari 26th, 2018Categories : Burung, Lovebird, Tips Perawatan

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Burung lovebird merupakan jenis burung yang sangat popular di kalangan kicau mania Indonesia karena memiliki warna yang sangat indah dan juga bentuknya. Maka dari itu banyak sekali yang memelihara burung ini untuk dijadikan sebagai burung hias atau burung kontes. Beternak burung lovebird merupakan sebuah bisnis yang sangat mengiurkan dan sangat menguntungkan, karena banyaknya permintaan pasar. Untuk itu sudah banyak para kicau mania yang telah sukses dalam budidaya burung lovebird.

Kebanyakan para breder menginginkan burung lovebirdnya supaya cepat bertlur. Jika burung lovebird cepat bertelur, maka dari itu kalian akan cepat menghasilkan burung lovebird anakan untuk koleksi atau untuk bisnis jual beli burung supya mendaptkan pundi-pundi. Namun tidak sedikit juga para peternak burung lovebird yang mengalami sebuah kendala yaitu burung sulit untuk bertlur atau juga burung sulit untuk dikawinkan.

Namun ketika burung lovebird di tempat asalnya alam liar burung sangat mudah untuk bertelur dan mengerami telurnya. Maka dari itu bisa menghasilkan banyak keturunan da bisa terusmenrus sampai indukan masih bisa produksi. Tapi terkadang di dalam kandang penagkaran sering sekali mendapat sebuah hambatan seperti burung susah untuk dikawinkan atau dijodohkan, burung sulit untuk bertelur samapi ada juga burung yang membuang telurnya sendiri.

Yang paling unik dari burung paruh bengkok ini adalah burung bisa bertelur walau tidak mempunyai sebuah pasangan atau tidak dikawinkan. Karena ketika burung sudah beranak dewasa maka organ reproduksinya akan berpungsi dengan normal.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Mudah

Burung lovebird betina ketika sudah bernjak dewasa maka sel kelamin akan memproduksi sel telur atau ovum dan diproduksi sedemikian rupa oleh saluran reproduksinya. Termasuk membungkus sel telur dengan cangkang yang di dalam oviduct. Maka akan dikeluarkan lewat kloaka berbentuk telur pada umunya.


Jika burung LB betina dikawinkan dengan seekor pejantan, ketika sebelum melalui pembungkusan sel ovum, sel sperma burung jantan akan membuahi sel telur ovum. Maka akan menghasilkan noktah yang berwarna hijau pada permukaan kuning tlur, yang terkenaal dengan calon embrio. Yang nanti tidak akan menetas meskipun dierami oleh induknya atau juga menggunakan inkubator. Telur yang tidak bisa menetas seperti ini disebut sebagai telur infertil tidak subur. Nah untuk menghindari kendala – kendala tersebut saya akan memberikan cara ternak lovebird yg benar supaya cepat bertelur.

Kenyamanan Sangkar Glodog

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Berikan lampu pada kandang penangkaran

Cara beternak burung lovebird supaya cepat bertelur kalian harus memasangkan lampu jenis spektrum. Karena jenis lampu penerangan ini memiliki daya untuk membantu burung untuk mengerami telurnya supaya vepat menetas. Jenis lampu ini sangat bermanfaat sekali untuk budidaya burung lovebird, karen lampu ini mempunyai suhu 5500 K.

Selain membuat nyaman pada burung untuk bertelur bisa juga memberikan kenyamanan dan suasana sejuk didalam kandang penangkaran. Lampu jenis ini bis digunakan pada sangakar yang tidak terkena sinar matahari. Gunakan timer pada lampu maka secara otomatis lampu akan mati sendirinya supaya burung bisa istirata misalnya ketika pada waktu malam hari. Untuk penerangan pada sangkar ternak anda bisa mengatur pencahayaan, maka dari itu burung lovebird mampu berkembang biak secara nyaman.

Memberikan Kotak Sarang Untuk Bertelur

Cara beternak lovebird supaya cepat brtelur yaitu memberikan gelodok atau kotak untuk bertelur lovebird yang sesuai ukuran. Tidak di anjurka memakai kotak ketil seperti ukuran glodok parkit dan juga jangan terlalu besar. Ukuran Kotak sangkar gelodok yang tepat harus memiliki lubang pintu dan diameter yang sesuai ukuran badanya.

Pada bagian gelodok jangan terlalu sempit, dan jangan terlalu luas. Berikan serutan kayu atau daun pinus kering ke dalam kotak gelodok dengan ketebalan kisaran 3 CM. Namun umumnya burung lovebird suka mengatur tenpat bertelurnya supaya lebih nyaman.

Menempatkan Burung Lovebird Pada Satu Ruangan

Cara beternak burung lovebird supaya cepat bertelur sangat pas untuk dilakukan dengan cara menempatkan burung bersama pasanganya yang berbeda sangkar. Dikarenakan suara dari burung betina lainya yang sedang mengerami atau sedang bertelur bisa memancing burung lovebird betina yang belum bertelur.

Memberikan Pola Makan Yang Tepat

Memberikan pakan yang tepat dalam ternak burung lovebird merupakan teknik yang sangt lazim dilakukan oleh para penangkar Lovebird. Berikan pakan yang bisa membuat burung lovebird birahinya naik tajam Berikan pakan yang bisa memicu hormon untuk lovebird betina supaya cepat bertelur. Jenis pakan ini seperti toge, kangkung dan biji kuaci.

Berikan Minuman Bersuplemen

Step terakhir dalam penagkaran burung lovebird adalah memberikan suplemen untuk burung lovebird, namun step ini tidak juga kalian lakukan. kalian boleh memberikanya atau tidak juga. Pemberian minuman bersuplemen ini tentunya bisa meningkatkan birahi pada burung lovebird jantan dan juga betina. Selain dari itu pemberian suplemen bisa mempercepat burung untuk cepat bertelur.

Mengganti Minuman

Biasakan kalian dalam mengganti minuman setiap harinya dengan minuman baru. Bersihkan tempat minuman tersebut dengan cara dibasuh oleh air lalu digosok menggunakan sikat gigi. Ketiak selesai bersihkan menggunakan air bersih. Tuangkan air mineral yang tidak memiliki rasa atau berwarna. Disarankan beri munuman air Aqua. Dengan menggunkan air aqua maka burung akan sehat dan tidak muda terkena penyakit.

Penyebab Burung Lovebird Sulit Untuk Bertelur

Pada umumnya burung sulit untuk bertelur karena memiliki beberapa faktor seperti:

  • Burung lovebird yang dikawinkan tidak sempat dijodohkan maka akan susah untuk bertelur.
  • Salah membedakan jantan dan juga betina.
  • Usia belum produktif untuk dikawinkan.
  • Burung sudah terlalu tua sehingga tidak mampu untuk berproduksi lagi.
  • Jangan pernah memilih burung lovebrd yang sedang sakit untuk di kawinkan.

Mungkin sekian ulasan yang bisa saya berikan untuk kalian mengenai cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Sebenarnya masih ada lagi step-stepnya namun disini saya menuliskaan poin-poin terpentingnya saja. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untk kalian semua dalam membudidayakan burung lovbird. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Artikel Burung, Lovebird, Tips Perawatan - Rahasia Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Mudah, is Posted Under Tags: , , By admin |4.5