Cara Ternak Burung Kenari Sistem Koloni Dengan Mudah
Ternak Burung Kenari Sistem Koloni

Cara Ternak Burung Kenari Sistem Koloni Dengan Mudah

By On Jumat, Januari 26th, 2018Categories : Burung, Kenari, Tips Perawatan

Kali ini Om Pikat akan memberikan sebuah ulasan tentang cara ternak kenari sistem koloni. Kebanyakan para peternak burung kenari biasanya menggunakan teknik cabut, teknik cabut ialah burung kenari jantan dipakai untuk mengawini banyak burung kenari betina dengan kandang terpisah. Namun ada juga yang melakukan ternak burung kenari dengan teknik soliter atau saling berpasangan, teknik soliter ini ialah satu kandang ternak ditempatkan pada 1 burung pejantan dan  1 burung knari betina, kedua burung kenari tersebut menjadi berpasangan.

Dari kedua teknik penagkaran tersebut, tentu mempunyai sebuah keuntungan dan juga kekurangan dari masing-masing teknik tersebut. Tapi masih ada lagi sebuah trik beternak burung kenari yang sudah banyak digarapoleh para kicau mania nusantara yaitu dengan cara beternak kenari dengan sistem koloni atau dengan kata populernya Aviary. Cara ternak kenari sistem koloni ini yaitu menempatkan beberapa burung kenari pejantan dengan beberapa burung kenari betina pada satu kandang yang sangat luas atau besar. Maka dari itu burung indukan kenari jantan atau bina betina bisa bebas memilih calon pasanganya.

Cara ternak kenari secara koloni merupakan sebuah cara alternativ yang sangat bagus dalam menangkar burung kenari. Tapi perlu kalian ketahui ada beberapa trik yang harus kalian pahami sebelum kalian memulai ternak kenari koloni, seperti pemilihan indukan kenari dan juga penyiapan kandang ternak kenari koloni. Di bawah ini Om Pikat akan mengulasnya secara satu persatu supaya kalian bisa mengetahuinya.

Cara Ternak Burung Kenari Sistem Koloni Dengan Mudah

Ternak Burung Kenari Sistem Koloni

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Koloni

  • Buatlah kandang pada lokasi tempat yang terbuka, dengan ukuran sangkar yang sangat luas. Kira-kira ukuran yang harus kalia buat adalah 2 x 1 5 x 2 CM. Ukuran ini tidak perlu kalian samakan tergantung lokasi tempat kalian atau yang kalian inginkan.
  • Cari lokasi tempat sangkar yang aman supaya waktu penangkaran tidak menemukan banyak kendala.
  • Buat model kandang yang sedemikian rupa supaya sangkar ternak mendapatkan cahaya matahari, atau bisa juga dari setengah atap kandang kalian buatkan dari bahan yang transparan supaya cahaya matahari bisa masuk.
  • Ketika penangkaran sudah dimulai usahakan burung kenari harus tetap terkena cahaya matahari supaua burung tetap sehat.

Setelah kalian membuat kandang ternak kenari koloni maka mulai ke step berikutnya yaitu pemilihan indukan burung kenari. Silahkan simak ulasanya berikut ini:

Cara Memilih Indukan Burung Kenari Untuk Ternak Koloni

  • Pilih burung kenari yang memiliki sebuah karakter yang kalem baik betina ataupun jantan. Yang terpenting ketika burung di gabungkan tidak saling ngadu.
  • Jika bisa cari indukan burung kenari yang sudah pernah produksi supaya burung bisa lebih cepat untuk bertelur. Namun yang terpenting Usia sudah jangan terlalu muda atau juga terlalu tua.

Cara Beternak Kenari Dengan Sistem Koloni

  • Siapkan tempat pakan, tempat minum burung dan juga sarang untuk bertelur. Jumlah sarang telur harus sama jumlahnya dengan total betina.
  • Buat jarak antar sarang telur kira-kira 60 CM, pada setiapsarang beri ranting daun kering seperti daun pinus halus bisa juga kertas atau serutan kelapa halus supaya  burung ketika bertelur bisa lebih aman dan juga nyaman.
  • jika kalian sudah menyiapkanya bahan-bahan tadi di atas. Masukan koloni burung kenari kedalam kandang ternak, biarkan mereka mencari pasanganya masing-masing.
  • Maksimal ternak kenari secara poligami atau koloni paling banyak satu jantan empat betina atau 2 jantan dengan 8 betina.
  • Jangan takut dengan jumlah pejantan yang sedikit untuk dikawinkan, karena pejantan bisa berpoligami dengan beberapa sang betina.
  • Berikan pakan yang tepat untuk menunjang stamina dalam penangkaran seperti pakan telur puyuh, sayur-sayuran dan juga bijian mix.
  • Buat beberapa tempat pakan dan minum supaya tidak saling berebut ketika kenari makan dan minum.
  • Siapkan bahan-bahan untuk sarang kenari bertelur bisa kalian gunakan mangkuk plastik atau batok kelapa dan taburkan daun-daun kering seperti daun pinus atau bunga ilalang.

Kekurangan Dari Ternak Kenari Secara Koloni

  • Burung kenari jantan akan tidak pokus untuk mengawini beberapa burung betina karena jumlahnya banyak.
  • Burung kenari akan mudah ngadu karena mereka belum saling mengenal satu sama lain.
  • Ketika burung kenari betina sedang bertlur atau mengerami telur gampang dengan mudah diganggu oleh kenai betina lainya.
  • Jika ada salah satu burung kenari yang sakit, maka dengan mudah bisa menular kepada burung kenari lainya.
  • Sangat sulit mengontrol situasi burung kenari saat penangkaran.

Kelebihan Beternak Kenari Dengan Sistem Koloni

  • Lebih praktis atau simple, tidak perlu mengeluarkan sangkar untuk menjemur burung karena sudah tersinari cahaa matahari. Tidak repot-repot memberi pakan karena hanya sekali dalam satu sangkar ternak.
  • Tidak perlu lagi menjodohkan burung kenari karena akan memakan waktu yang lama. Dengan teknik poligami ini burung kenari akan mencari pasanganya masing-masing.
  • Burung kenari akan tetap sehat karena dimasukan ke dalam kandang yang lebih luas.
Sekian ulasan yang bisa Om Pikat berikan untuk kalian mengenai Cara Ternak Kenari Sistem Koloni. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian dalam membudidayakan burung kenari. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih
Artikel Burung, Kenari, Tips Perawatan - Cara Ternak Burung Kenari Sistem Koloni Dengan Mudah, is Posted Under Tags: , , , By admin |4.5