Cara Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula Dengan Mudah
Penangkaran Kacer Sangkar Gantung

Cara Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula Dengan Mudah

By On Sabtu, Januari 27th, 2018Categories : Burung, Kacer, Tips Perawatan

Beternak burung kacer di indonesia ternyata jumlahnya hanya sedikit tidak sepeti beternak burung murai batu. Karena membudidayan kacer atau murai batu mempunyai sebuah kesulitan seperti melakukan penjodohan. Tapi semua itu tidak akan meras sulit jika kita mencobanya dengan sabar dan sungguh-sungguh seperti Mas Fandy yang berasal dari Pasuruan yang telah sukses dalam penangkaran kacer sangkar gantung.

Mas Fandy ini merupakan seorang yang sudah sukses dalam beternak burung kacer hanya dengan mengandalkan kandang ternak Aviary. Awalnya mencoba beternak kacer menggunkan sangkar gantung, dan ternyata lebih simple murah dan juga gampang. Betrnak memakai kandang gantung ternyata bisa dilakukan untuk jenis burung lainya seperti lovebird, anis merah, kenari dan murai batu. Tapi banyak juga yang beranggapan bahwa beternak burung harus bisa menyesuaikan sangkarnya seperti di alam liar sebagai tempat habitatnya.

Membuat sangkar ternak yang mirip alam atau tempat habitat aslinya bisa saja kalian lakukan. Namun hal seperti itu hanya sebagai syarat untuk memulai keberhasilan dalam beternak burung berkicau.

Kemudahan Penangkaran Kacer Sangkar Gantung

Menurut ungkapan Mas Fandy, budidaya burung kacer menggunakan kandang gantung mempunyai sebuah keuntungan tersendiri yaitu sebagai berikut:

  • Jika indukan burung keturunan trah juara, beternak kacer dengan sangkar gantung akan bisa menghasilkan sebuah keturunan yang memiliki kualitas juara.
  • Ketika menggunakan kandang gantung, burung kacer dapat dengan mudah untuk dijodohkan dan akan mendapatkan keturunan yang sangat berkualitas.
  • Beternak burung kacer kandang gantung tentunya lebih ekonomis, praktis, tentunya menghemat tempat. Karena kandang yang digunakan yaitu sangkar kenari dengan model battery yang memiliki ukuran 50 x 50 x 30 CM. Namun kalian juga bisa membuatnya dari sejenis kawat bisa juga bambu, dengan diameter yang lebih besar.
  • Kandang bisa di oper – oper tergantung tempat yang cocok dimana, bisa juga menyesuaikan tempat yang paling cocok.
  • Indukan bisa di gantung ketika didalam kandang untuk dijemur dengan dipindahkan ke teras rumah, maka dari itu bisa menaikan birahi supaya bisa cepat kawin.
  • Anakan burung bisa kita pantau setiap waktu, karena kandang gantung bisa kalian pindahkan sesuai keinginan kalian.

Dari kemudahan yang telah saya sebutkan di atas, Om Pikat akan memberikan tips cara menghemat lahan untuk beternak. Dikarenakan problem ini sering kali menjadi sebuah kendala bagi kalian yang baru masuk dalam dunia budidaya kacer.

Dalam sangkar ternak biasa, kalian harus membuat sangkar dengan ukuran 1 x 1 M dan tinggi 1,5 sampai 2 meter. Jika kalian ingin membangun lima petak sangkar maka kalian membutuhkan lahan yang panjangnya 5 meter, tentu sangat boros untuk tempat saja.

Jika kalian memakai sangkar gantung, seperti sangkar ternak burung kenari, kalian hanya cukupmenyediakan 2 buah sangkar battery dengan ukuran 50 x 50 x 50 CM, dari masing-masing bisa ditempati oleh calon indukan baik itu jantan atau juga betina.

Dua sangkar tersebut bisa kalian tempatkan pada dinding bagian atas ruangan tempatnya beternak. Jika seekor indukan sudah berjodoh, nah burung yang jantan bisa kalian pindahkan ke sangkar betina, maka dari itu sangkar yang sebelumnya bisa kalian gunakan untuk calon indukan yang lainya. Dikarenakan sangkar ternak digantung atau ditempel pada dinding, maka ruangan bagian bawah kandang bisa kalian gunakan untuk keperluan yang lainya, seperti menyimpan pakan burung.

Yang perlu kalian perhatikan ketika beternak burung kacer menggunkan sangkar gantung  yaitu indukan burung kacer jangan sampai bisa melihat pasangan dari indukan burung kacer lainya. Kalian bisa memakai sebuah penyekat seperti triplek atau bisa juga kain.

Walau tidak bisa melihat indukan lainya, tapi bisa mendengarr suara kicau kacer lainya, maka dari itu pasangan burung yang ada di dalam kandang gantung bisa tetap pokus untuk menjalankan reproduksinya seperti mengawini, bertelur dan mengerami.

Cara Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula Dengan Mudah

Penangkaran Kacer

Cara Memilih Calon Indukan Betina Dan Jantan

Mas Fandy mempunyai penagkaran burung kacer di tempat tinggalnya daerah Pagak, Bangil Kab Pasuruan. Waktu dulu mas Fandy ini menggunakan sangkar yang biasa untuk menernakan burung kacer, namun untuk sekarang telah dikombinasikan dengan sangkar gantung.

Pilihlah calon indukan baik itu jantan atau betina dan memiliki usia yang sudah matang gacor dan maksimal usianya satu tahun. Untuk induk jantan harus mempunyai suara yang sangat bagus, kecepatan suara rapat, iramanya sangat bagus dan volume suaranya maksimal. Untuk indukan betina harus berumur 8 bulan minimalnya. Lebih bagus lagi calon indukan betina ini merupakan keturunan dari burung kacer trah juara. Karena burung memiliki pewaris gen dari indukanya.

Maksud dari mewarisi gen ini adalah, sifat dari burung jantan sebagian besar akan diwariskan kepada keturunanya yang betina, burung betina akan mewariskan kepada keturunanya yang jantan. Selain dari itu, ambilah calon indukan betina yang sudah berbirahi, maka akan semakin cepat bisa di jodohkan. Burung kacr jenis betina sangat gampang untuk mencirikanya dari perilaku yang suka mengepakan kedua sayapnya, ketika bedekatan dengan jenis burung kacer jantan.

Burung kacer betina harus kondisi jinak, supaya tidak ketakutan untuk didekati oleh pemiliknya. Jika burung belum jinak maka kalian harus melatihnya dulu supaya jinak.

Cara Menjodohkan Burung Kacer Jantan Dan Betina

Sebelum kalian menjodohkan burung kacer, kalian harus menyiapkan kandang gantungnya, Inilah langkah yang harus kalian lakukan.

  • Sangkar battery berukuran 50 x 50 x 50 CM yang umum di pakai untuk beternak burung kenari, yang bisa digantung pada ruangan yang kalian hendaki. Bisa juga kalian menggantungnya di ruang belakang atau ruangan lainya. Sangkar jenis ini bisa kalian tempelkan ke dinding atas ruangan.
  • Sangkar ini harus sudah dilengkai dengan sarang untuk bertelurnya dan diletakan pada sudut sangkar. Lalu masukan bahan – bahan sarang ke dalam sarang, sisanya kalian boleh simpan di bagian bawah lantai kandang. Sangkar seperti ini yang akan burung kacer tempati untuk dijodohkan.
  • Gantung sangkar yang lainya atau kalian bisa tempelkan di dinding atas, maka kedua kandang saling nempel. Maka sangkar yang kedua bisa menjadi tempat sementara untuk burung kacer jantan.

Jika indukan jantan dan juga betina sudah dipilih, kalian harus segera masukan burung kacer tersebut ke kandang yang saling berdekatan. Sipakan pakan burung berupa voer dan masukan ke dalam sangkar masing-masing, Extra Fooding seperti cacing tanah, jangkrik ulat hongkong dan juga air minum. Namun pemberian Extra Fooding bisa kalian sesuaikan saja untuk porsinya.

Untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal kalian bisa memberikan Birdmature sampai satu minggu secara berturut-turut yang bisa dikonsumsi oleh burung kacer jantan atau betina. Suplemen jenis ini khusus untuk burung yang diternakan yang sangat efektif untuk meningkatkan daya menetasnya telur selain dari itu bisa menjaga kondisi burung tetap sehat.

Menurut mas Fandy darikedua kandang ini harus tetap menempel selama berhari-hari, sampai burung kacer betina atau jantan sudah berjodoh. Biasanya memakan waktu sampai satu minggu. Jika indukan burung kacer betina sering berdekatan dengan pejantan, maka burung sudah waktunya untuk digabungkan ke dalam sangkar yang sama. Seperi burung kacer jantan dipindahkan ke dalam sangkar burung kacer betina.

Masa proses penjodohan ini merupakan sebuah tahap yang paling sulit dalam ternak burung kacer, sesi ini bisa menentukan sebuah keberhasilan dalam beternak burung kacer. Sama hanya seperti burung murai batu,  meski burung kacer sudah saling berdekatan tapi belum tentu juga bisa berdekatan ketika sesudah burung kita gabungkan ke dalam kandang yang sama. Terkadang ada juga burung kacer jantan yang suka menyerang burung kacer betina.

Jadi kalian harus tetap memantaunya selam satu jam setelah burung kalian gabungkaan dalam satu kandang. Supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan seperti saling menyerang. Jika burung kacer saling berdekatan atau sangat akrab, maka burung akan langsung melakukan perkawinan. Tapi jika burung saling menyerang, kalian harus segera memisahkannya ke kandang lain, dan harus proses penjodohan lagi dari awal.

Jika indukan betina sudah bertelur, kalian harus biarkan indukan jantan tetaptinggal satu sangkar supaya tetap berdampingan. Ketika telur menetas, baru kacer jantan pindahkan ke sangkar lain, supaya sang induk betina merawat anak – anaknya dengan baik.

Anakan burung kacer bisa kalian pindahkan bersama sarangnya ketika sudah berumur 2 minggu lalu bisa kalian masukan ke inkubtor supaya bisa dibesarkan oleh para pemiliknya. Dengan cara pemisahan ini indukan jantan dan juga betina bisa beristirahat setelah melakukan perwatan anakanya.

Sekian ulasan yang bisa saya berikan untuk kalian mengenai Cara Penangkaran Kacer Sangkar Gantung. Semoga dengan ulasan ini bisa membantu kalian dalam beternak burung kacer. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Artikel Burung, Kacer, Tips Perawatan - Cara Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula Dengan Mudah, is Posted Under Tags: , , By admin |4.5